Materi 1 Konsep Media Pembelajaran dan Jenis Media
"Konsep Media Pembelajaran dan jenis Media"
A. Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari kata latin medius yang secara harfiah berarti "tengah", "Perantara" atau "pengantar". Media adalah alat untuk menyampaikan atau mengantarkan pesan- pesan pengajaran. Adapun pengertiannya menurut para ahli:
- Wina Sanjaya, Media berlaku untuk berbagai kegiatan atau usaha, seperti media dalam penyampaian pesan, contohnya media pengantar magnet atau panas dalam bidang teknik. Media yang digunakan dalam bidang pendidikan disebut media pendidikan.
- Dina Indriana, Menjelaskan bahwa media adalah alat bantu yang sangat bermanfaat bagi para siswa dan pendidik dalam proses belajar dan mengajar.
- Yusuf Hadi Miarso, Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau pembelajaran baik disengaja, bertujuan dan terkendali.
- Azhar Arsyad, Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat belajar siswa.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna atau pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
B. Hakikat Media Pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri, dimana guru dan siswa bertukar Pikiran untuk mengembangkan suatu ide. Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses belajar yang direncanakan dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang nya untuk belajar.
Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran adalah proses komunikasi yang selalu melibatkan tiga komponen pokok, yaitu komponen pengirim pesan (guru), komponen penerima pesan (murid) dan komponen pesan itu sendiri yang biasanya berupa materi pengajaran/pelajaran.
C. Kedudukan Media Dalam Pembelajaran Fisika
- kedudukan media berdasarkan karakteristik. Kemajuan teknologi didunia Pendidikan, menuntut untuk menggunakan berbagai media pembelajaran serta peralatan peralatan yang canggih. Sehingga dalam memilih atau menggunakan media belajar perlu di klasifikasikan menurut suatu metode pembelajaran yang dipakai sesuai karakteristik dan fungsinya
- Kedudukan media pembelajaran didunia pendidikan. Di era digital saat ini tentunya banyak metode-metode pembelajaran yang sangat praktis. Sehingga hal itu dapat mempermudah guru maupun siswa dalam menggunakan media pembelajaran.
- Kedudukan media dalam sistem pendidikan. Sistem adalah totalitas yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama yang lain. komponen yang dimaksud adalah tujuan, materi, metode dan evaluasi.
- Kedudukan media pembelajaran dalam proses belajar. Media pembelajaran itu digunakan sebagai alat untuk memperjelas materi pelajaran yang disampaikan, sumber belajar bagi siswa serta sebagai alat untuk memperkuat interaksi antara siswa dan guru.
- Kedudukan media pembelajaran dalam teknologi pembelajaran. Dimana, media sebagai suatu benda yang dapat di manipulasi dilihat, didengar, dibaca, di bincangkan beserta komponen yang digunakan untuk kegiatan Pembelajaran.
- Kedudukan media untuk mengundang partisipasi aktif siswa. Kedudukan media pada tahap ini dapat merangsang terjadinya diskusi antara siswa dan guru untuk membantu dalam menemukan gagasan atau ide dalam memecahkan suatu masalah.
- Kedudukan media pada tahap tindak lanjut. Pada tahap ini mempermudah tahap remedialisasi dan pengayaan dalam suatu pembelajaran.
D. Karakteristik Media Dalam Pembelajaran Fisika
- Pembelajaran dapat melibatkan hampir semua alat indra manusia, seluruh proses berfikir dan berbagai macam gerak otot.
- Media pembelajaran dapat digunakan dengan berbagai macam teknik dan cara.
- Media pembelajaran terdiri dari berbagai macam alat, terutama untuk bantu pengamatan. Contoh Alat-alat laboratorium.
E. Manfaat Media Pembelajaran Fisika
- Penyampaian materi dapat diseragamkan.
- proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
- Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.
- Efisiensi dalam waktu dan energi.
- Meningkatkan kualitas belajar siswa.
- Proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
- Media dapat meningkatkan kendala keterbatasan ruang dan waktu.
- Mengubah Peran pembelajar kearah yang positif dan produktif.
- Dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar.
- Dapat membantu materi pembelajaran yang distrak menjadi lebih konkrit.
F. Pengelompokan Media Pembelajaran Beserta Contohnya
- Media Visual, Media yang hanya dapat dilihat. Contoh: Gambar, foto, sketsa,peta grafik dan diagram.
- Media audio, Media yang berkaitan dengan indera Pendengaran. Contoh: Radio, alat Perekam.
- Media audiovisual, Kombinasi dari media audio dan media visual. Contoh: TV, film, dan video.
- Media Cetak, contoh: buku, jurnal, majalah, Surat kabar (koran), buku pelajaran,
- Media non cetak, contoh: Proyeksi
- Media digital, conto: multimedia interaktif, digital, video animasi, Podcast, augmented reality (AR), virtual reality (VF) dan game based learning.
- Platfrom media online. Contoh: Video pembelajaran online, kursus daring dan forum diskusi.
- Sumber daya pembelajaran digital
G. Kekurangan dan Kelebihan Media Pembelajaran
- Alat peraga dapat menumbuhkan minat belajar siswa.
- Dapat memperjelas makna bahan pelajaran.
- Dapat merangsang semua indera siswa.
- Media pembelajaran online dapat meningkatkan fleksibilitas waktu dan tempat.
- Media pembelajaran dapat memperjelas pesan pembelajaran
- Media gambar dapat terlalu kompleks dan kurang efektif.
- Media online dapat membutuhkan biaya yang banyak dan memerlukan jaringan internet yang bagus.
- Media digital memerlukan jaringan internet.
- Media pembelajaran online dapat mengalami keterbatasan aksebilitas dan teknologi.
H. Penggunaan Media Oleh Guru dan Siswa
- Memudahkan interaksi antara guru dan siswa.
- Memudahkan pemahaman materi
- Memudahkan penyampaian materi pelajaran.
- Memudahkan proses belajar siswa.
- Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
- Memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
- Menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar.
- Mengubah peran guru kearah yang lebih positif dan Produktif.
I. Kerucut Pengalaman Dale dan Posisi Media.
J. Literasi Media Pembelajaran
- Mencegah penyebaran hoaks.
- Meningkatkan kesadaran kritis.
- Meningkatkan kemampuan analisis.
- Memperkuat partisipasi demokratis.
- Mengasah kreativitas dan keterampilan digital.
- Membentuk pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif dan aktif.
Materinya cukup lengkap dan bermanfaat sehingga mudah dipahami untuk membuat media pembelajaran yang menarik, semangat terus berbagi ilmunya 😊
BalasHapusmaterinya sudah cukup mudah dipahami dan bermanfaat
BalasHapusmaterinya sudah cukup lengkap, penyusunannya rapi sehingga mudah dipahami dan sangat bermamfaat
BalasHapusMaterinya sudah cukup lengkap,gambar nya jelas sehingga nanti pembaca mudah memahaminya
BalasHapusIni data pengarang disengaja ga di publish kah?, klo soal materi udah oke
BalasHapus